Ini Sebab Stamina Tubuh Menurun

Stamina adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik selama jangka waktu tertentu. Merasa stamina makin menurun setelah punya anak?


Bukan hanya faktor usia saja penyebabnya, gaya hidup juga berperan, misal:

Kurang olahraga: Bisa menyebabkan otot makin lemah sehingga stamina pasti menurun. Jika sehari-hari Anda lebih banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer atau menonton TV maka Anda berisiko mengalami penurunan stamina akibat gaya hidup sedenter. Tingkatkan stamina tubuh dengan mulai olahraga secara teratur, aerobik, jogging, jalan cepat bisa jadi pilihan. Mulailah dengan melakukannya selama 20 menit tiap hari, lalu tingkatkan hingga 45 menit per hari.


Pola makan: mengonsumsi makanan tidak sehat seperti permen, manisan, soda dan keripik membuat tubuh Anda kelebihan gula. Setelah terjadi lonjakan gula, stamina menurun begitu tubuh mengalami penurunan gula darah. Kurang konsumsi kalori juga membuat tubuh terpaksa bekerja tanpa ‘bahan bakar’ yang cukup. Supaya stamina tetap terjaga sebaiknya Anda makan 5-6 porsi kecil tiap hari. Cukupi kebutuhan karbohidrat dan protein serta sayur dan buah agar tubuh tidak kekurangan nutrisi.


Merokok: tembakau akan secara langsung menurunkan stamina karena dampak merokok adalah mengurangi suplai oksigen ke jantung, otot, dan jaringan tubuh lainnya. Agar stamina tidak makin turun, ya harus berhenti merokok. Dengan demikian harapan hidup Anda akan lebih panjang, tekanan darah menurun, dan risiko kanker serta penyakit jantung juga berkurang.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia