Jaga Jarak Kehamilan dengan Alat KB

Menjaga jarak kehamilan sangat penting bagi masa depan Anda dan keluarga. Begitu juga dengan masa depan anak-anak nantinya. Cara tepat untuk menjaga jarak kehamilan dan mengatur kelahiran anak Anda yaitu dengan alat kontrasepsi.

Dengan alat kontrasepsi, Mama dapat mengatur dan membentuk keluarga kecil Anda dengan lebih baik juga untuk memantapkan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Indonesia, yang pada akhirnya dapat menekan laju pertumbuhan penduduk.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang tergolong sukses dalam penggunaan alat kontrasepsi. Tetapi di sisi lain, tingkat putus pemakaian juga tinggi. Pasangan di Indonesia lebih banyak memilih pemakaian alat kontrasepsi jangka pendek seperti penggunaan pil atau injeksi yang biasanya kurang efektif karena halangan terbesarnya yaitu sifat lupa apakah pil KB tersebut sudah diminum atau belum.

Diperkirakan akan ada 38 juta kelahiran pada 2035 jika program pemakaian alat kontrasepsi tidak dilaksanakan dengan baik dari sekarang. Untuk sekarang usaha yang akan dan masih dilakukan yaitu dengan cara komunikasi, edukasi dan informasi ketika pasangan di Indonesia diberikan pengetahuan, informasi dan mengedukasi mengenai positif dan negatif ketika mereka berencana menginginkan anak banyak.

Menurut data Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization-WHO), angka estimasi kematian Mama saat melahirkan di tahun 2013 per 100 ribu kelahiran hidup adalah sebagai berikut:

Singapura 6/100.000
Thailand 26/100.000
Malaysia 29/100.000
Vietnam 49/100.000
Indonesia 190/100.000

Disarankan setelah Mama melahirkan atau pasca persalinan, alat kontrasepsi atau IUD harus dipasang untuk memberikan jarak kehamilan bagi Mama nantinya. Menurut studi yang dilakukan, jarak kehamilan yang baik yaitu sekitar 2-3 tahun dengan menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang. Ini dia kelebihan ketika jarak usia antar anak 1 hingga 3 tahun.

- Mereka akan menjadi teman bermain. Anak yang berusia 2 tahun atau lebih muda juga lebih mudah untuk beradaptasi dengan kehadiran adik baru.

- Mama dan Papa cenderung lebih kompak dalam kondisi ini. Biasanya papa yang paling cuek sekalipun akan tergerak untuk turun tangan.

Manfaat pemakaian alat kontrasepsi jangka panjang sangat baik karena di samping Anda tidak perlu khawatir ketika berhubungan seks dengan pasangan, tingkat keamanannya di atas 95%.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia