Jangan Sembarang Cabut Gigi

Bagi Anda yang pernah merasakan sakit gigi, aduuuh, bukan hanya di gigi yang sakit tapi bisa menjalar sampai kepala rasanya. Saat ke dokter gigi pun perawatannya tidak sekali beres. Sering kali kita harus bolak-balik berobat sebelum akhirnya gigi bisa ditambal.

Tidak heran kalau banyak orang yang ingin agar gigi yang sakit langsung dicabut saat ke dokter gigi. Wow, tunggu dulu! Tahukah Anda bahwa satu gigi saja sangatlah berharga bagi kesehatan dan kecantikan?

Dalam acara memperkenalkan Dental Specialist Clinic RSPI-Pondok Indah, drg. Jonan Angkawidjaja, SpPros, menjelaskan, “ Jika gigi asli masih memungkinkan untuk dipertahankan, sebaiknya tidak dilakukan pencabutan. Sebab pencabutan gigi akan diikuti oleh penciutan tulang rahang.

Banyak solusi yang dapat dipilih untuk merestorasi gigi. Jika memang harus dicabut maka diperlukan gigi tiruan sebagai pengganti untuk mencegah masalah yang lebih kompleks pasca pencabutan, misalnya susunan gigi bergeser, radang gusi, kelainan sendi rahang, perubahan intonasi suara dan berkurangnya dukungan terhadap bibir dan pipi sehingga penampilan wajah jadi lebih tua dari usia sebenarnya.”

Salah satu alternatif gigi tiruan adalah implan gigi, yaitu gigi palsu yang ditanam di tulang rahang. Dari penampilan, fungsi dan bentuknya, implan gigi paling menyerupai gigi asli, bahkan hampir tidak dapat dibedakan dengan gigi asli, rasanya juga lebih nyaman. Keuntungan lainnya, implan gigi membantu mencegah terjadinya penyusutan tulang rahang setelah gigi asli dicabut sehingga wajah tidak tampak lebih tua.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia