Kapan Tidak Perlu Berdiet

Memiliki berat badan normal memang penting, tetapi ada saatnya Anda tidak dianjurkan mengurangi kalori, menurut pakar diet Rachel Brandeis, juru bicara American Dietetic Association:

  • Anda sedang hamil. Bahkan jika Anda kelebihan berat badan di awal kehamilan, Anda tetap perlu menambah berat sekitar lima sampai 7,5 kg – tapi secara perlahan. Fokuslah pada makan yang sehat-sehat saja, bukan melewatkan waktu-waktu makan.
  • Anda baru menyusui. Anda memerlukan tambahan 500 kalori per hari untuk menyusui, serta berdiet dalam 12 minggu pertama bisa mengganggu persediaan susu. Tunggulah hingga masa tersebut berlalu sebelum Anda mengurangi kelebihan berat.
  • Anda terlalu kurus. Jika dokter mengatakan bahwa Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda adalah 18 atau kurang, sementara tinggi Anda 1,68 m dengan berat di bawah 54 kg, ini berarti Anda harus fokus pada penambahan berat badan, bukan menguranginya.
  • Anda sedang sakit. Tubuh Anda memerlukan protein dan kalori untuk melawan infeksi.
  • Anda baru dioperasi. Proses pemulihan membakar kalori, sehingga berdiet bisa memperlambat proses tersebut. Dokter Andalah yang bisa memberitahu saat yang tepat untuk mulai berdiet.
  • Anda sedang stres berat. Butuh usaha besar untuk mengurangi makan dan menambah porsi olahraga. Tunggulah sampai keadaan lebih baik (bukannya sudah beres!) sebelum Anda berdiet. – karen miles
Baca juga: Diet Gagal Lagi? Ini Alasannya!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia