Kecerobohan Mama Baru

Selama satu bulan pertama jadi mama, banyak mama yang sering tersandung atau menumpahkan jus jeruknya. Ini sebabnya: Disamping alasan yang gampang ditebak – kurang tidur – pusat gravitasi Anda berubah lagi. Bukankah saat ini Anda sudah tidak hamil lagi (dan sepuluh kilogram lebih ringan). 


Cara-cara untuk menghindari kecelakaan, dari Valerie Sorkin-Wells, M.D., obstetri dan ginekolog dari Phoenix:


• Bikin strategi tidur. Aturlah hingga Anda bisa tidur selama mungkin. Tidur dua kali empat-jam penuh, misalnya, jauh lebih menyegarkan ketimbang tidur empat kali dua-jam penuh. (Lebih sedikit gangguan berarti REM tidur yang lebih dalam dan lebih nyenyak.) Coba atur giliran menyiapkan susu malam dengan pasangan Anda.

• 
Fokuskan pikiran pada satu hal saja. Jagalah agar tugas yang seabrek bisa diminimalkan. (Ini bila Anda tidak punya babysitter untuk mengurus si kecil ya.) Pusatkan perhatian pada satu hal saja. Misalnya, menyiapkan makan malam. Letakkan bayi di kursi bouncy-nya ya saat melakukannya.

• 
Minta bantuan. Bila ibu Anda, kakak atau adik, atau teman menawarkan diri untuk menjaga bayi, sementara Anda bebenah, berbelanja, atau membayar tagihan, katakan saja ya. Tidak ada tawaran? Minta bantuan deh.

• 
Anggap saja sebagai hal yang lucu – dan lihatlah ke depan. Di usia enam bulan, kebanyakan bayi bisa tidur sepanjang malam, atau paling sedikit selama enam-jam penuh, serta begitu pula Anda. Pada waktu itu, masa-masa penuh jatuh bangun akan berlalu, juga.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia