Ketika Anak Memergoki Orang Tua Bercinta

Mungkin termasuk salah satu ‘hal konyol’ yang dikhawatirkan para orang tua adalah anak (terutama saat mereka sudah berusia TK atau SD) tak sengaja melihat mama-papanya berhubungan intim.

Amy Lang, edukator kesehatan dan pendiri Birds+Bees+Kids, menyarankan agar Anda tidak panik saat kepergok anak. Katakan dengan santai, “Sayang, mama-papa minta waktu berdua dulu, ya. Sebentar lagi mama akan menyusul ke kamarmu.” Saat menghampirinya di kamar, tanyakan apakah ia baik-baik saja dan yakinkan bahwa ia tak perlu takut. Katakan saja, “Mama minta maaf ya, sudah bikin kamu takut. Mama-papa nggak apa-apa, kok,” Sudahi di situ jika anak tak bertanya-tanya lebih lanjut.

“Selalu ikuti ‘panduan’ soal apa yang mampu anak pahami. Jika mereka tak bertanya-tanya dan cukup puas dengan penjelasan Anda, maka tak perlu ada ‘sex education’ saat itu juga,” saran Jennifer Naparstek Klein, seorang psikoterapis. Temani sampai si kecil terlelap kembali, dan kalau Anda masih in the mood, lanjutkan kegiatan Anda bersama papa. Kali ini jangan lupa kunci pintunya, ya!

Foto: Getty Images

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia