Keuntungan Hidup Sederhana

Kalau memang ada dananya sih, memanjakan diri dengan kemewahan bukanlah hal yang salah. Tapi kalau harus ‘memaksa’ demi tampil mewah, keuangan keluarga bisa berantakan. Jika bisa hidup sederhana (bukan sengsara, lho), mengapa tidak? Berikut ini manfaat gaya hidup sederhana:

Keamanan finansial
Dengan secara konsisten menyisihkan pendapatan untuk ditabung dan diinvestasikan, Anda mengamankan masa depan keluarga. Semakin besar dana yang disisihkan untuk investasi, maka akan semakin besar peluang Anda mencapai kenyamanan financial di masa depan.
Agar bisa melakukan hal ini, kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, misalnya: Anda BUTUH rumah yang aman dan nyaman bagi keluarga, tapi Anda INGIN rumah mewah lengkap dengan halaman luas dan kolam renang.

Lebih sedikit stres
Punya banyak harta bisa juga lho, menimbulkan stres. Punya rumah mewah, mobil-mobil mewah, apartemen mewah, liburan mahal, mengirim anak ke sekolah mahal pasti butuh biaya-biaya tambahan yang tidak sedikit untuk operasional sehari-hari dan maintenance.

Kalau sebenarnya kondisi keuangan belum siap untuk gaya hidup mewah, mempunyai harta tersebut justru menimbulkan beban mental karena kita harus terus berpikir dan mencari cara bagaimana membiayai dan melindungi barang-barang tersebut agar jangan sampai hilang atau rusak. Hidup sederhana sesuai kemampuan financial akan membuat beban pikiran Anda lebih ringan karena arus kas tetap lancar.

Lebih sehat
Salah satu kebiasaan gaya hidup sederhana adalah mengurangi jajan dan makan di restoran serta menggantikannya dengan masakan rumah yang lebih murah dan gizinya terjamin. Kalaupun ingin jajan, coba kurangi frekuensi serta porsinya, dengan begitu berat badan dan pengeluaran akan lebih terkendali.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia