Kreasi Makanan Olahan Daging Sapi




Keluarga Anda penyuka daging sapi? Kabar baiknya, daging sapi mengandung protein yang cukup tinggi. Namun, World Cancer Research Fund menganjurkan jumlah tepat untuk mengonsumsi daging sapi adalah tidak lebih 70 gram per hari. Batasan ini perlu diingat, agar tidak mengganggu kesehatan.

Agar tidak bosan, coba berbagai kreasi olahan daging sapi ini:

1. Meat loaf
Campur 1 buah wortel yang sudah dipotong dadu dengan ½ buah bawang bombay cincang, 2 siung bawang putih yang dihaluskan, 60 gram bread crumb, 5 sendok makan saus tomat, 2 butir telur, 450 gram daging sapi giling, serta 200 gram ayam giling. Tambahkan ½ sendok teh garam, lada, dan rosemary. Aduk rata dan bentuk adonan menjadi bulat lonjong. Letakkan di dalam loyang, lalu  panggang selama 35-40 menit.

2. Bola-bola daging
Rendam 2 lembar roti tawar dengan susu, masukkan 250 gram daging sapi giling, 2 butir telur, dan 150 gram brokoli yang sudah dicincang halus. Aduk rata, lalu bentuk menjadi bola-bola. Tumis daging hingga matang. Masak menggunakan kecap manis dan ½ buah bawang bombay cincang.

3. Daging gulung keju
Bumbui 500 gram daging sapi iris dengan garam dan lada halus. Sisihkan. Campur 200 gram kentang tumbuk dengan 100 gram keju parut, ½ sendok teh garam, ½ sendok teh lada, dan 1 butir telur. letakkan campuran kentang di atas daging, gulung, dan padatkan. Bungkus dengan alumunium foil, kukus hingga matang.

4. Tongseng daging sapi
Tumis 6 siung bawang merah yang sudah diiris tipis, masukkan 3 siung bawang putih, 1 sendok teh merica, dan 1 sendok teh ketumbar yang sudah dihaluskan. Tambahkan 2 lembar daun salam dan 1 batang daun serai. Masukkan 500 gram daging sapi yang sudah dipotong dadu, 1 liter air, 5 sendok makan kecap manis, dan 1 sendok makan air asam. Masak hingga matang.

5. Daging bumbu Bali
Tumis bumbu halus berupa 9 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 7 buah cabai merah, 5 butir kemiri, dan 2 cm jahe. Masukkan 500 gram daging sapi potong dadu, 2 lembar daun jeruk purut, dan 1 sendok makan garam. Masukkan lagi 1 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan kecap manis, dan ½ air asam Jawa. Masak hingga meresap.

6. Steak lada hitam
Olesi 4 potong daging sirloin sapi @ 200 gram dengan 1 sendok teh lada hitam dan 1 sendok teh garam. Diamkan selama 30 menit sampai bumbunya meresap. Panggang dengan margarin di wajan hingga matang dengan api yang kecil. Dengan begitu, daging matang luar dan dalamnya. Angkat bila kedua sisinya sudah matang dengan sempurna. Siram dengan saus lada hitam.

Cara membuatnya? Panaskan 1 sendok teh margarin, lalu masukkan bawang 1 buah bawang bombay cincang sampai harum. Tambahkan 2 sendok teh tepung terigu aduk hingga rata. Masukkan 150 ml air kaldu, 1 sendok makan saus tomat, 2 sendok makan saus BBQ, 1 sendok teh lada hitam, 1 sendok teh pala bubuk, ½ sendok teh garam, serta ½ sendok teh gula. Aduklah hingga rata. Masak hingga mendidih dan saus mengental. Bila sudah mengental, matikan.

Foto: Freepik

 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia