Makanan Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Pada bulan puasa puasa Mama sebaik mengonsumsi makanan sehat agar menciptakan menu makanan yang seimbang. Makanan-makanan yang perlu dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa, antara lain:

• Daging, ikan dan ayam
• Susu, keju dan yoghurt
• Roti gandum, sereal dan makanan-makanan yang terbuat dari gandum lainnya
• Buah dan sayur-sayuran
• Lemak dan gula (dua bahan makanan ini perlu dikonsumsi namun harus dibatasi)

Sedangkan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat bulan puasa, adalah cake, biskuit, cokelat dan manisan. Hal ini karena makanan-makanan tersebut sulit diproses di lambung dan mudah sekali terbakar sebagai energi. Anda juga sebaiknya menghindari minuman berkafein tinggi, seperti teh, kopi dan minuman bersoda untuk menghindari banyaknya pengeluaran urin serta berkurangnya kadar air tubuh melalui urin.

Proses memasak pun juga harus dibedakan dari kegiatan memasak sehari-hari seperti makanan yang digoreng sebaiknya dibakar, makanan yang harus dimasak dengan minyak berlebih sebaiknya digoreng dengan minyak lebih sedikit. Dan, kurangi makanan bersantan.

Saat sahur, pilihlah makanan lengkap yang mampu mengisi perut serta cakupan energi Mama untuk beberapa jam kemudian dan jangan lupa minumlah banyak air. Pada saat berbuka puasa, awali dengan makan kurma, jus buah dan jangan makan-makanan olahan (fast food).

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia