Membedakan Tumor dan Kanker

Masih bingung, Ma, membedakan antara tumor dan kanker? Menurut kamus kedokteran, tumor adalah benjolan. Tumor atau benjolan ada yang jinak, dan ada yang ganas. Untuk menentukan jinak ganasnya, kita harus mengeceknya pada dokter spesialis patologi anatomi. Kalau ganas, tumor baru bisa dikatakan kanker. Jadi, kanker adalah tumor atau benjolan yang bersifat ganas.

Mengapa disebut ganas? Secara mikroskopis, kanker merupakan kempulan sel yang tidak dikelilingi oleh kapsul. Akibatnya, sel-sel kanker ini dengan mudah menyebar ke organ-organ tubuh lainnya.

Misalnya, anak terkena kanker bola mata. Sel-sel kanker di bola mata bisa menyebar ke otak dan sum-sum tulang belakang. Keadaan yang demikian dinyatakan sebagai kanker stadium lanjut.

Kalau anak punya benjolan dan dokter menyatakan itu tumor, jangan panik dulu, ya, Ma. Tenang saja dulu, karena belum tentu itu ganas. Ikuti saran dokter bila diminta melakukan pemeriksaan lebih lanjut, yang tujuannya untuk menentukan jinak ganasnya tumor. Bila jinak, Anda bisa bernapas lega.

Tapi, jika ganas, tetaplah bersyukur karena tumor ganas ditemukan pada stadium yang masih sangat awal, sehingga jauh lebih mudah ditangani ketimbang jika sudah mencapai stadium lanjut.

(Sumber: Waspadai & Kenali Kanker pada Anak Sejak Dini, Yayasan Anyo) Indonesia)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia