Minum Air Putih Bisa Bikin Langsing?

Agar tubuh terhindar dari dehidrasi, sejumlah pakar kesehatan menganjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Tapi, apakah benar minum air putih cukup juga bisa menurunkan berat badan?

Menurut ahli gizi dari Amerika Serikat, Brooke Alpert dan dokter Keri Peterson, sebenarnya air putih tidak mempengaruhi penurunan berat badan secara langsung karena tidak ada kandungan yang dapat membakar lemak di dalamnya. Namun minum air putih dapat membantu usaha diet. Hal ini dikarenakan menjaga tubuh tetap terhidrasi akan mencegah Anda makan berlebihan. “Banyak orang bingung membedakan rasa haus dan lapar. Jadi mereka lebih cenderung makan dibandingkan minum air putih,” kata Peterson.

Saat rasa lapar muncul di sela-sela jadwal makan coba Anda minum air putih dulu untuk memastikan apakah ini benar rasa lapar atau haus. Caranya minum segelas air putih. Jika setelah 30 menit  masih merasa lapar, berarti Mama benar-benar lapar bukan kekurangan air, Peterson menjelaskan.

Mama bisa menjaga tubuh terhidrasi dengan baik agar tidak muncul rasa lapar semu. Caranya minum air putih sebanyak satu setengah hingga dua liter per hari. Untuk mengecek apakah Anda telah minum cukup air putih, perhatikan warna air seni Anda. Kuning pucat merupakan pertanda asupan air putih harian normal.

Meskipun minum air putih tidak langsung bisa menurunkan berat badan, namun kebiasaan ini bisa jadi bagian dari usaha penurunan berat badan yang efektif, lho, Ma.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia