Olah Buah dengan Benar

Kadangkala dengan alasan kepraktisan, kita seringkali menyiapkan buah dalam bentuk jus pada pagi hari untuk dikonsumsi anak siang atau sore harinya. Padahal Ma, lebih baik mengolah buah menjadi jus sesaat sebelum dikonsumsi anak. Sebab, buah yang sudah berubah bentuk karena dijus sudah berubah juga struktur kimia kandungan nutrisinya. 


Adriyan Pramono, SGz, MSi, Dosen Program Studi Ilmu Gizi Universitas Diponegoro Semarang,  menjelaskan, ada beberapa hal yang mempengaruhi perubahan struktur kimia buah, antara lain perubahan bentuk buah (dari bentuk utuh ke bentuk cairan), suhu ruangan, kelembaban dan keberadaan oksigen serta karbondioksida.

Hal-hal ini mengakibatkan struktur kimia jus berubah dan mengalami degradasi sehingga kandungan zat gizinya tidak sebagus buah potong. Contohnya jus apel atau jus pir yang didiamkan lama, warnanya akan menjadi kecoklatan. Ini menandakan jus apel sudah terkena udara sehingga terjadi proses browning. Lain halnya jika Anda mengolah jus sesaat sebelum dikonsumsi. Sedikitnya waktu yang terpapar pada jus membuat struktur kimia buah tidak mudah rusak. 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia