Pamer Foto Makanan di Socmed

“Tunggu… tunggu… Jangan dimakan dulu. Mama mau foto makanannya untuk di-upload di Instagram.” Pernah melakukan hal ini juga, Ma? Tenang, tak perlu malu mengakuinya. Sekarang memang sedang tren ‘memamerkan’ apa yang kita makan di media sosial.

    Lalu, bagaimana agar foto makanan Anda bisa terlihat menggugah selera meski hanya dijepret dengan smartphone?

  • Matikan flash. Sinar yang dihasilkan oleh flash smartphone Anda justru akan merusak foto.
  • Gunakan cahaya alami. Cobalah letakkan makanan sedekat mungkin dengan jendela dapur atau jendela restoran sehingga terkena paparan cahaya matahari. Atau pada saat malam hari, coba manfaatkan cahaya lampu atau lilin yang ada di ruangan tersebut. Hasilnya akan jauh lebih baik dibanding menggunakan flash.
  • Tahan, tahan, tahan. Merasa malu membawa tripod ke restoran? Kalau begitu, pastikan Anda bisa menahan posisi kamera agar tetap stabil agar hasil fotonya pun tidak blur.
  • Pilih angle dan komposisi. Angle yang paling sering diambil untuk food photography adalah dari atas. Selain itu dalam fotografi, angka ganjil terlihat lebih menarik daripada jumlah yang genap. Misalnya, tiga cupcake yang dijejerkan bersama terlihat lebih bagus daripada empat, lima buah stroberi dibanding enam, dan sebagainya.
  • Gelap vs terang. Mangkuk gelap di atas meja kayu mungkin akan terlihat keren. Tetapi ketika difoto dengan smartphone, hasilnya akan kurang terlihat. Cobalah memberikan kontras dengan warna lebih terang. Begitu juga ketika akan memotret makanan berwarna terang di atas piring putih. Sebaiknya cari benda lain yang dapat menyeimbangkan tone warna makanan


Photo : Getty Images

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia