Panduan Pilih Pengasuh Anak

Jika Mama tak punya pilihan selain memercayakan anak pada pengasuh atau asisten rumah tangga, beberapa panduan berikut mungkin bisa Anda terapkan:

- Jika memungkinkan, carilah pengasuh anak dari rekomendasi kenalan Anda, misalnya pengasuh yang dulunya mengasuh bayi kerabat Anda. Jika tidak, tanyakan apakah pengasuh anak itu punya referensi.

Tak ada salahnya menelpon orang-orang yang dulu menggunakan jasa pengasuh anak Anda untuk menanyakan bagaimana kesan mereka terhadap sang pengasuh.

- Beri instruksi secara spesifik soal perawatan dan pengasuhan anak Anda dan mintalah ia untuk menelpon Anda jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan saat Anda tidak di rumah.

- Telpon rumah beberapa kali secara acak dan bicaralah dengan anak untuk menanyakan kabarnya.

- Setiap pulang kerja, mengobrollah dengan pengasuh anak soal aktivitas anak hari itu, bagaimana perilakunya dan apakah ada hal-hal yang tidak biasa.

- Saat Anda bersama anak, mintalah ia bercerita apa saja yang dilakukannya hari itu bersama pengasuhnya dan apakah ada hal-hal yang membuatnya takut atau tidak nyaman.

- Jika Anda merasa perlu, nggak papa kok Ma memasang CCTV di rumah agar Anda bisa selalu mengawasi anak dan pengasuhnya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia