Pengganggu Tidur Malam

Anda tahu bahwa besok Anda harus bangun pagi-pagi sekali untuk menyiapkan sarapan dan bekal si kecil, memandikan si kecil, hingga mengantarkannya ke sekolah sebelum akhirnya berangkat ke kantor. Tapi, hingga lewat tengah malam, mata sama sekali tak mau dipejamkan. Padahal, Anda tak minum kopi, juga tidak sedang memikirkan pekerjaan. Apa yang salah, ya? Ini dia beberapa pengganggu tidur yang tidak Anda sadari:

  • Musik bertempo cepat. Menurut James Maas, Ph.D., penulis buku Power Sleep, musik jenis ini dapat meningkatkan denyut jantung Anda. Nah, kalau Anda ingin bisa tidur lebih baik dan lebih lama, ganti alunan musik di kamar dengan musik lembut dan bertempo lambat. Setel musik ini  sekitar satu jam sebelum tidur.
  • Berbaring menghadap cahaya. Meski redup sekalipun, angka pada jam digital, layar DVD, atau bahkan cahaya pada tombol on di layar televisi masih cukup terang dan bisa menembus kelopak mata Anda.
  • Kebiasaan mengoleskan krim atau lotion. Krim atau lotion dengan aroma melati, peppermint, atau jeruk memiliki efek menstimuli. Jadi, hindari produk beraroma tersebut di malam hari. Sebaliknya, pilihlah aroma lavender, vanila, atau produk-produk tanpa aroma untuk dipakai di malam hari.
  • Bermain gadget. Layar gadget terdiri dari titik-titik yang mengeluarkan cahaya serta bisa merangsang otak Anda. Tak heran kalau Anda tidak mengantuk selama masih bermain gadget.


Photo  Getty Images

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia