Peningkat kekebalan tubuh Mama

Ancaman flu dan pilek selalu siap menyerang, terutama jika Anda kelelahan. Walau hingga kini dunia riset belum berhasil menemukan obat untuk flu atau pilek, ada berbagai pengobatan alami yang bisa mengusir kedua penyakit ini. Inilah riset terakhir seputar pengobatan alami tersebut. (yang layak dicoba!).

Bawang Putih    
MEMERANGI: Infeksi bakteri dan virus (termasuk pilek)
PENCEGAHAN ATAU PENGOBATAN? Keduanya
Dalam sebuah studi di Inggris disebutkan, mereka yang minum suplemen yang mengandung allicin (zat aktif bawang putih) setiap hari selama 13 minggu mengalami serangan pilek lebih rendah sampai 46 persen, lebih ‘kebal’ terhadap serangan pilek berulang - dan sembuh beberapa hari lebih cepat dari pilek dibandingkan yang lain. Bonus: Bawang putih diketahui bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta mencegah aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah) dan infeksi jamur.
RESEP: Untuk mencegah infeksi, makanlah 2-4 butir bawang putih segar atau minum suplemen bawang putih 600-900 mg yang mengandung allicin setiap hari. Tapi, berkonsultasilah dulu dengan dokter, terutama saat sedang minum obat pengental darah atau akan dioperasi.

Olahraga Rutin
MEMERANGI: Pilek
PENCEGAHAN ATAU PENGOBATAN? Pencegahan
Para peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle, menemukan, wanita yang berolahraga secara teratur selama setahun mengalami penurunan risiko terserang pilek hingga nyaris separuhnya. (‘Teratur’ berarti melakukan aktivitas intensitas sedang, seperti berjalan cepat selama 45 menit sehari, 5 hari seminggu.)
RESEP: Kalau Anda tidak bisa berolahraga sebanyak itu sekaligus, usahakan melakukannya selama 30 menit, dan pecah menjadi beberapa sesi: Curi waktu selama 15 menit pada jam makan siang untuk berjalan kaki, dan 15 menit lagi sebelum atau sesudah makan malam, ujar Cornelia Ulrich, Ph.D., peneliti senior dalam penelitian tersebut. Tapi jangan berlebihan, terutama jika Anda mendeteksi adanya gejala pilek.

Probiotik
MEMERANGI: Pilek, diare, infeksi saluran kemih, infeksi vagina, dan gangguan saluran pencernaan
PENCEGAHAN ATAU PENGOBATAN? Keduanya
Penelitian menunjukkan, probiotik – atau bakteri ‘baik’ – bisa membantu mencegah atau mengurangi tingkat keparahan kuman pilek dan perut; mengobati diare; mencegah infeksi vagina; bahkan membantu memicu perbaikan kondisi pada kelainan otoimun, seperti Chron’s disease.
RESEP: Konsumsilah bakteri hidup, yang punya banyak manfaat kesehatan. Masalahnya, Anda perlu paling tidak beberapa ratus cup kecil yogurt tiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ujar Kelly Karpa, Ph.D., penulis Bacteria for Breakfast: Probio-tics for Good Health. Solusi lebih realistis: Minum satu sampai dua  kapsul suplemen yang mengandung Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacteria setiap hari.

Echinacea
MEMERANGI: Pilek
PENCEGAHAN ATAU PENGOBATAN? Keduanya
Benarkah Echinacea manjur? Hasil studi telah menunjukkan pro dan kontra selama bertahun-tahun. Tapi, dalam setahun terakhir, tiga kelompok studi yang berbeda telah menganalisa bukti yang ada dan menyimpulkan bahwa dalam dosis yang cukup tinggi, bahan herbal ini memang memberi perlindungan dan perawatan terhadap pilek. Menurut studi, Echinacea bias mengurangi durasi rata-rata waktu pilek Anda sampai sekitar 2 hari, dan mengurangi risiko Anda untuk terkena pilek lagi hingga 58 persen.
RESEP: Selama musim pilek dan flu, konsumsilah suplemen yang mengandung paling tidak 900 mg Echinacea – tapi tak lebih dari 3.000 mg – dari ekstrak Echinacea setiap hari. Tapi, karena para peneliti tidak yakin spesies atau bagian mana dari tumbuhan tersebut yang paling bermanfaat, pilih suplemen yang mengandung perpaduan dari berbagai spesies (E. purpurea, E. pallida, dan E. angustifolia) dan bagian-bagiannya (batang, akar, daun, dan bunga). Keterangan ini tidak selalu dicantumkan dalam kemasan, jadi Anda perlu mencari produk yang memang memuat daftar spesies tersebut. Hati-hati. Kalau Anda alergi terhadap serbuk sari atau rumput-rumputan, hindari produk-produk Echinacea yang mengandung batang, daun, atau bunganya, karena mungkin bisa memicu reaksi alergi. Pilihlah suplemen yang dibuat dari akarnya saja.


PAR 0408

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia