Penyebab Kelelahan Berlebihan

Mengurus rumah tangga dan anak, menyelesaikan tugas-tugas kantor, serta menjaga agar kehidupan sosial Anda tetap berlangsung, tak heran banyak mama yang tetap merasa lelah walau sudah cukup tidur. 


Tahukah Ma, ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kelelahan selain kesibukan sebagai seorang mama. Mungkinkah Anda salah satu dari hal berikut ini menjadi penyebab kelelahan Anda?

Kekurangan vitamin B12. Vitamin ini diperlukan agar mama tetap berenergi karena fungsinya membantu meningkatkan level oksigen dalam sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan Anda lesu dan terus-menerus mengantuk. Solusinya, coba perbanyak konsumsi daging merah dan produk susu.


Kekurangan vitamin D. Vitamin ini didapatkan saat tubuh terpapar sinar matahari. Gejala kekurangan vitamin D adalah rasa lelah dan bahkan sakit dada serta tekanan darah meningkat. Maka dari itu, coba deh, Ma, sempatkan diri mandi surya selama 10 menit tiap pagi.


Terlalu banyak kafein. Memang kafein dapat menghalau kantuk, tapi kalau terlalu banyak Anda akan mengalami crash side effect begitu kafein terbuang dari system tubuh.


Tidak sarapan. Ya, kami paham, pagi hari seorang mama pasti selalu sibuk dan sering tergesa-gesa hingga tak sempat sarapan. Tapi perut kosong akan menyebabkan energi Anda merosot. Kalau memang tak sempat sarapan, coba pilih camilan sehat untuk menjaga level energi Anda.


Masalah tiroid. Jika berat badan naik cukup drastis dan susah turun serta selalu merasa lelah-letih, mungkin ada masalah dengan kelenjar tiroid Anda. Sebaiknya periksakan ke dokter.


Baca juga: Aktivitas Fisik Untuk Mama


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia