Penyebab Payudara Kendur

Payudara mengendur setelah menyusui? Apa sih penyebabnya? Secara anatomi, payudara terdiri dari kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak dan tidak memiliki otot. Sepanjang hidup seorang perempuan, ukuran, bentuk, dan posisi payudaranya akan berubah-ubah.

Setelah menyapih anak, ukuran dan wujud payudara memang cenderung berubah karena terjadi breast involution, yaitu proses menyusutnya ‘sistem produksi susu’ di dalam payudara akibat berhentinya produksi ASI. Menyusutnya ‘isi’ payudara ini biasanya tidak diikuti dengan menyusutnya kulit. Payudara pun jadi terlihat ‘kosong’ dan menggantung kendur. Untungnya, beberapa bulan setelah menyapih, tubuh mama akan menimbun lemak di payudara. Dada mama pun kembali terlihat berisi, namun tetap sih, tidak akan membusung seperti dulu.

Jadi benar dong, menyusui akan menyebabkan payudara kendur? Ya, memang ada pengaruhnya tapi sebenarnya tidak signifikan. Pada tahun 1998 - 2006, ahli bedah plastic dari University of Kentucky, Brian Rinker dan koleganya melakukan penelitian soal faktor-faktor yang menyebabkan payudara wanita menjadi kendur.

Penelitian dilakukan terhadap 132 wanita yang menjalani operasi memperbaiki payudara. Mayoritas sudah pernah hamil setidaknya satu kali dan 60 persen pasien tersebut pernah menyusui. Tim peneliti mengevaluasi sejarah medis para pasien, berat dan tinggi badan, ukuran cup bra mereka sebelum hamil, dan apakah mereka merokok.

Ternyataaaa…tidak ada perbedaan derajat keparahan kendurnya payudara (istilah medisnya ptosis) antara pasien yang menyusui dan yang tidak menyusui! Yang justru berpengaruh cukup signifikan adalah kehamilan. Selama hamil, ukuran payudara mama berubah seiring kenaikan berat badan dan berkembangnya kelenjar-kelenjar susu.

Setelah melahirkan, ukuran payudara mama berubah lagi seiring penurunan berat badan dan menyusutnya kelenjar susu. Semakin sering mama hamil, perubahan ukuran payudara makin sering terjadi. Hal ini membuat elastisitas kulit payudara berkurang sehingga payudara menggantung. Artinya mama yang tidak menyusui pun bisa mengalami payudara kendur karena selama hamil ukuran payudaranya juga pasti berubah.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia