Rematik Juga Serang Orang Muda

Saat mendengar penyakit rematik, kebanyakan orang mengira itu penyakit pada lansia. Memang benar, tapi rematik juga bisa menyerang orang usia produktif. Nama penyakitnya Artritis Rematoid. Ini adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan radang kronis sendi tangan dan kaki.


Gejala awalnya kelelahan, demam, nyeri sendi, berat badan turun drastis. Kekakuan dan pembengkakan sendi ini menyebabkan hilangnya fungsi sendi karena kerusakan tulang dan tulang rawan, sehingga berakhir dengan kecacatan. Dibanding pria, wanita 3 kali lebih berisiko mengalami penyakit ini. Sedangkan rematik pada lansia disebut osteoarthritis, kerusakan jaringan diakibatkan oleh keausan.


Penyebab arthritis rematoid tidak diketahui pasti dan belum dapat disembuhkan namun dapat dikontrol. Prof.Dr.dr. Harry Isbagio, SpPD-KR dari Divisi Rematologi FKUI mengatakan karena itulah penyakit ini sulit dicegah. Yang bisa dilakukan adalah mengenali sejak dini gejalanya sehingga kecacatan bisa dihindari. Jika selama ini terapi untuk meringankan gejala dan mencegah kecacatan dilakukan dengan kombinasi berbagai obat, terapi terkini bisa hanya dengan satu obat.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia