Sebelum Cuti Melahirkan Usai

Waktu 3 bulan bersama bayi baru Anda hampir usai. Inilah 3 hal yang harus Anda lakukan menjelang kembali ke rutinitas kantor.

Pump! Pump!
ASI eksklusif adalah cita-cita semua mama. Jika di bulan-bulan pertama Anda masih malas-malasan memerah ASI (dengan alasan ASI masih sedikit, cuti masih lama, dst…!), satu bulan menjelang cuti habis, frekuensi memerah ASI harus ditingkatkan.

Stok ASI masih sedikit? Cobalah memerah ASI setiap 2 – 3 jam sekali. Memang, sih, payudara Anda akan terasa kosong seolah tak ada lagi sisa ASI untuk dikeluarkan. Tapi, percayalah, sering memerah ASI justru akan memberi alarm pada tubuh untuk terus memproduksi ASI. Jika rutin melakukannya, jangan heran kalau ‘tabungan’ ASI perah Anda akan menyamai mama yang sudah rajin memerah ASI sejak bulan pertama.

Start bottle feeding!
Menyusui langsung dari payudara memang praktis. Tapi sekarang, Anda harus mau sedikit repot menyusuinya dengan botol. Bayi harus kenal dengan botol dot sebelum ia benar-benar ‘berpisah’ dengan Anda nanti.

Repot, kan, kalau tiba-tiba di hari pertama Anda bekerja, ternyata bayi tak mau menyusu pakai botol? Nah, biasanya, bayi tak mau menyusu pakai botol jika ia melihat mamanya ada di sekitarnya. Ambil kesempatan ini untuk sekaligus belajar ‘berpisah’ dengan bayi, setelah hampir 3 bulan lamanya kalian berdua ibarat amplop dan prangko yang terus melekat.

Mulailah ‘berpisah’ selama 1 – 2 jam sehari selama seminggu pertama. Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk sekadar belanja bulanan ke hipermarket, atau menghabiskan waktu di salon untuk cuci dan blow. Setelah itu, tingkatkan waktu berpisah menjadi 4 – 5 jam.

Kalau bingung mau melakukan apa selama waktu berpisah tersebut, Anda boleh, kok, sekadar santai di rumah tanpa menemui anak sama sekali selama waktu yang ditentukan itu. Tapi, pastikan bayi tetap aman dan dijaga dengan baik oleh calon pengasuhnya nanti, ya.

Treat your self!
Nah, seminggu atau 4 – 5 hari menjelang masuk kerja, Anda harus membiasakan diri meninggalkan si kecil lebih lama. Manfaatkan waktu ini juga untuk belanja keperluan Anda, misalnya baju baru untuk kembali ke kantor, ke salon untuk potong rambut, atau apa pun yang bisa mendongkrak semangat Anda kembali ke kantor.

Foto: Getty Images

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia