Selamat Tinggal Leher Pegal!

Anak merosot selagi Anda menyusui, Anda membungkuk di atas stroller yang rendah, atau Anda mengayun-ayunkan anak di udara. Mau tidak mau otot yang lemah jadi tegang. Berikut ini cara mudah menghindari rasa sakit, menurut Robert Shmerling, M.D., rekanan profesor pada bidang kedokteran di Harvard Medical School:

*  Latihlah agar leher tetap tegak – lurus, bukan miring.
*  Pilih alat penunjang yang tepat untuk menjaga leher Anda tidak menekuk terlalu lama, seperti bantal khusus ketika Anda menyusui, stroller dengan pegangan yang gampang disesuaikan, dan headset untuk telepon.
*  Lakukan peregangan dan ubahlah posisi tubuh setiap 30 menit, bahkan ketika Anda menggendong bayi yang terlelap.
*  Tekuk pinggul dan lutut saat Anda mengangkat bayi atau beban berat lain.

Jika leher Anda tetap saja pegal, cobalah minum obat antiradang (seperti ibuprofen atau naproxen; jika Anda hamil atau menyusui, berkonsultasilah dulu dengan dokter), oleskan obat pereda sakit, atau mandilah dengan air hangat di bawah shower untuk meredakan rasa sakit.

Lalu, lemaskan leher dengan cara memutar-mutar kepala: Mulailah dengan dagu di atas dada, dan perlahan-lahan putar kepala sampai membentuk 5 lingkaran utuh pada 1 arah. Lakukan hal sama untuk arah yang lain.

Masih sakit juga? Segera ke dokter. Bisa jadi, Anda perlu mendapat resep obat yang lebih kuat - atau mengunjungi terapis fisik

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia