Stop Kebiasaan Lembur Kerja

Anda sering kerja lembur tapi merasa pekerjaan tidak selesai-selesai? Coba perbaiki manajemen waktu Anda. Dengan manajemen waktu yang baik, Anda bisa menentukan prioritas kapan harus menyelesaikan sebuah tugas dan kapan bisa bersantai. Ini dia tipnya:

• Perencanaan matang dan tepat
Dengan perencanaan, Anda akan memiliki panduan mengenai apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Setiap malam, atau pagi hari, buatlah daftar perencanaan mengenai hal-hal yang akan Anda kerjakan, Dengan begitu, Anda bisa fokus pada hal-hal penting yang harus segera diselesaikan.

• Fokus pada tugas  
Tentukan berapa lama Anda akan mengerjakan sebuah tugas, lalu fokuslah pada tugas tersebut. Supaya fokus Anda tidak terganggu, tak ada salahnya untuk mematikan sejenak gadget dan menghindari membuka email atau mengangkat telepon. Setelah tugas selesai, Anda boleh kembali menyalakan gadget dan mengecek email.

• Tidak menunda
Inilah ‘penyakit’ hampir semua karyawan, yaitu menunda pekerjaan. Coba deh, kerjakan tugas yang sulit lebih dulu karena ini akan memaksa Anda untuk cepat-cepat bekerja, dan membuat pekerjaan berikutnya kan terasa lebih ringan.

• Pahami ritme kerja
Setiap orang memiliki ritme kerja yang berbeda. Jika Anda merasa jauh lebih produktif di pagi hari, kerjakanlah tugas-tugas yang lebih berat di pagi hari. Sementara pekerjaan atau tugas-tugas yang lebih ringan bisa dilakukan di siang atau sore hari yang tidak membutuhkan kemampuan maksimal Anda.

• Review kembali aktivitas
Apakah hal-hal yang sudah Anda lakukan ternyata jauh dari yang direncanakan? Nah, review bisa dilakukan agar Anda memiliki semacam rapor atas aktivitas kerja Anda.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia