Tip Ampuh untuk Ibu Baru

Selama satu bulan pertama jadi mama, banyak wanita yang sering tersandung atau menumpahkan jus jeruknya. Kecerobohan ini penyebabnya antara lain, kurang tidur dan pusat gravitasi berubah lagi.

Tapi, jangan biarkan kebiasaan ini terjadi terus menerus. Ada caranya untuk menghindari kecelakaan di rumah saat mengurus anak, Valerie Sorkin-Wells, M.D., obstetri dan ginekolog dari Phoenix, AS, menyarankan:

Bikin strategi tidur. Aturlah hingga Anda bisa tidur selama mungkin. Usahakan Anda bisa tidur selama 4 jam penuh dalam sehari. Kebiasaan ini bisa lebih menyegarkan tubuh ketimbang tidur empat kali sehari selama dua jam penuh. (Lebih sedikit gangguan berarti REM tidur yang lebih dalam dan lebih nyenyak.) Coba atur giliran menyiapkan susu malam dengan suami.

Fokuskan pikiran pada satu hal saja. Jagalah agar tugas yang seabrek bisa diminimalkan. (Ini bila Anda tidak punya babysitter untuk mengurus si kecil). Pusatkan perhatian pada satu hal saja. Misalnya, menyiapkan makan malam. Agar tidak kewalahan, letakkan bayi di kursi bouncy-nya saat melakukannya.

Minta bantuan. Bila ibu Anda, kakak atau adik, atau teman menawarkan diri untuk menjaga bayi, sementara Anda bebenah, berbelanja, atau membayar tagihan, katakan saja "Ya". Tidak ada tawaran? Coba minta bantuan.

Punya trik lain agar lebih fokus mengurus bayi Anda? Berbagi di sini yuk, Ma!

Baca juga: Kapan Merasa Paling Membutuhkan Ibu Anda

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia