Tip Mengadakan Pesta Untuk Anak yang Low Budget

Goodie bags senilai ratusan ribu rupiah, biaya sewa lokasi pesta yang hampir menyaingi biaya sewa gedung pernikahan hingga pengisi acara, katering, sewa permainan dan banyak lainnya.

Pffiiuuuffh… orang tua masa kini seolah mudah sekali mengeluarkan jutaan rupiah untuk membuat acara ulang tahun paling meriah. Sebaliknya, bila anak yang diundang, kita juga harus menyiapkan uang untuk membeli kado yang juga tidak murah. Kalikan saja dengan jumlah teman atau sepupunya yang berulang tahun dalam setahun. Anda akan terkejut melihat jumlahnya.

Merasa semua ini berlebihan atau mulai menjadi tekanan untuk Anda? Pilih jalur alternatif saja, Ma. Lupakan pesta heboh atau buat acara unik yang lebih sesuai untuk Anda. Percaya lah, banyak kok, orang tua lain yang juga merasa seperti Anda. 

Tapi agar berjalan mulus tanpa protes keras dari anak, sebelumnya pastikan Anda membaca tip berikut ini:

1. Jelaskan alasannya.
Anda bisa menjelaskan bahwa yang paling penting dari hari ulang tahun bukan lah pesta dan kado. Yang penting, kita merayakan dan mensyukuri apa yang kita miliki. Misalnya fakta bahwa ia tumbuh sehat dan cerdas dikelilingi orang-orang tersayang.

Kado dari keluarga pun sudah cukup, karena keluarga yang paling tahu apa yang diinginkannya. Anda juga bisa menjelaskan bahwa Anda memasak sendiri kue ulang tahunnya karena kue buatan sendiri lebih sehat ditambah bonus: ia dapat turut membantu memasaknya!

2. Buat masa transisi.
Masih mengundang cukup banyak tamu? Coba ‘turunkan’ kehebohan dengan minta para tamu memberi hadiah dengan nilai tidak lebih dari 100ribu rupiah. Ini akan membuat si kecil ikut menurunkan ekspektasinya –dibandingkan bila langsung tidak dapat kado sama sekali.

3. Tetap pada niat Anda.

Awalnya para tamu mungkin tidak peduli dengan permintaan Anda (soal membawa kado sesuai batasan nilai atau tidak perlu membawa kado sama sekali) tapi jangan menyerah.

Begitu juga soal goodie bags. Tidak perlu jadi merasa pelit karena tidak memberikan goodie bags mahal. Anda bisa tetap memberikan kenang-kenangan unik buatan sendiri.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia