Tip Sehatkan Ginjal

Di Indonesia, prevalensi penyakit ginjal kronis terus meningkat setiap tahun. Hasil studi epidemiologi PERNEFRI tahun 2005 menunjukkan bahwa sebanyak 12,5 persen dari masyarakat diketahui mengalami penyakit ginjal kronis.

Berdasarkan data Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), sampai tahun 2012, pasien yang mengalami penyakit ginjal tahap akhir (PGTA) mencapai 100.000 pasien.

Ketua PERNEFRI, dr. Dharmeizar, Sp.PD-KGH, dalam konferensi pers peringatan World Kidney Day 2015 mengatakan, “PERNEFRI yang berada di bawah naungan International Society of Nephrology (ISN) selalu berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memelihara kesehatan ginjal dengan mengedukasi mengenai pengenalan faktor risiko dan upaya pencegahannya.

Dampak penyakit ginjal ini sangat besar pengaruhnya terhadap sosial ekonomi penderita dan negara karena biaya mahal yang dikeluarkan untuk penanganan penyakit ini.”

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. DR. dr. Parlindungan Siregar, Sp. PD-KGH memberikan 8 tip menjaga kesehatan ginjal, yaitu:

  • menjaga badan tetap bugar dan aktif berolah raga
  • menjaga kadar gula darah
  • menjaga tekanan darah tetap stabil
  • mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan tetap ideal, 
  • mengonsumsi air yang cukup
  • tidak merokok
  • tidak mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka panjang 
  • memeriksa fungsi ginjal secara berkala.

Prof. Parlindungan
menambahkan bahwa air berperan mengurangi kemungkinan timbulnya batu saluran kemih bagi mereka yang berpotensi terkena batu saluran kemih karena faktor keturunan.

Air juga berperan mencegah infeksi saluran kemih. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan ginjal, kita sebaiknya minum air putih yang cukup. Pada orang yang sehat dan aktif, dengan minum setidaknya 2 liter sehari, maka jumlah urin yang dikeluarkan akan bertambah, sehingga mengencerkan zat-zat pembentuk batu.


Foto : TPG News

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia