Tubuh Pegal Setelah Olahraga

Setelah beberapa bulan (atau beberapa tahun?) nggak pernah olahraga, akhirnya kemarin Anda memulai program latihan. Hasilnya hari ini semua otot tubuh terasa sakit, jangankan kembali berolahraga, bergerak sedikit saja sulit.

Menurut Ethan Grossman, pelatih kebugaran yang mempunyai gelar di ilmu olahraga, itu tandanya otot Anda mengalami kejutan stimulus baru. Hal ini tidak hanya dialami oleh mereka yang tak pernah atau jarang olahraga tapi juga dialami oleh mereka yang rutin olahraga jika intensitas ditambah atau jenis olahraga diubah.

Eit, sakit dan pegal bukan berarti harus berhenti olahraga. Grossman menyarankan Anda untuk tetap olahraga dan melakukan jenis latihan active recovery, pilih latihan dengan intensitas lebih rendah yang tetap membuat darah mengalir ke area otot yang sakit tapi tidak sampai membebani otot tersebut. Sakit dan pegal juga bukan berarti otot bertambah besar, hanya ‘kaget’ saja. Bagaimana pun, dalam program latihan yang baik otot memang sebaiknya terasa sakit tapi kemudian sakitnya hilang. Kemudian terasa sakit lagi saat Anda menambah beban atau mengganti jenis latihan.  

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia