Usir Stres dalam 5 Menit

Hati hati, lho, Ma. Stres yang menumpuk bisa menjadi racun untuk tubuh. Kini, yang Anda butuhkan hanya satu, relaksasi. Hilangkan rasa penat dengan mengunjungi teman, melakukan aktivitas olahraga di pusat kebugaran, atau berendam lama dengan air hangat. Tapi, punyakah Anda waktu untuk melakukannya? Jangan khawatir, cobalah relaksasi instan dengan langkah-langkah berikut:

  • Tarik napas dan hembuskan.  Coba tarik napas pelan-pelan dan dalam, lalu hitung sampai sepuluh. Kemudian hembuskan napas pelan-pelan. Dengan beberapa kali tarikan napas, Anda akan merasa tenang kembali.
  • Pijat alis. Gunakan ibu jari dan kelingking untuk mencubit-cubit si alis selama satu menit. Mulailah dari bagian dalam alis (bagian yang dekat dengan hidung) menuju ke bagian luar alis. Cara ini akan mengurangi rasa tegang di kepala, dan membuat Anda merasa lebih tenang.
  • Dengarkan lagu favorit. Menurut Ron Borczon, seorang profesor "dalam terapi, musik, ritme lagu adalah aspek yang paling berpengaruh dalam musik". Ritme cepat dapat membantu Anda merasa lebih bersemangat, ritme lambat membantu Anda  menjadi lebih tenang.
  • Tertawalah. Ya, tertawa terbahak-bahak dapat membuat Anda merasa lebih baik, sekaligus sebagai penghilang stres. Jadi, saat anak Anda sedang asik menyaksikan tayangan kartun atau membaca buku cerita kesayangannya, cobalah untuk duduk di sebelahnya dan ikut tertawalah bersamanya.
  • Liburan instan. Saat anak sedang tidur siang atau asyik bermain dengan mainannya, cobalah tutup pintu kamar dan berbaringlah di tempat tidur. Tutup mata dan telinga, tarik dan hembuskan napas, dan gunakan imajinasi seolah Anda sedang berada di Bali, atau di mana saja yang Anda inginkan. Bayangkan suara deburan ombak, halusnya pasir yang menyentuh kaki, dan nikmati hangatnya matahari yang menyapa kulit Anda.

Silahkan dicoba tipnya, Ma. Setelah melakukan cara cara tersebut, pasti anda akan lupa dengan rasa penat yang sebelumnya dirasakan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia