Warna-warni Beras Menyehatkan

Wah ternyata sekarang semakin banyak variasi beras. Siapa yang menyangka kalau beras kini memiliki warna bak pelangi. Dulu, orang ‘terkecoh’ memilih beras yang terlihat putih kinclong, padahal selain sudah disosoh bersih, beras yang berwarna sangat putih kabarnya ditambahkan pemutih.

Sekarang, pilihan beras tak lagi hanya beras putih dan beras merah. Anda yang tinggal di kota besar, cobalah mampir ke supermarket premium atau toko-toko khusus bahan organik, Anda ditanggung akan kebingungan di tengah tumpukan beras dengan warna yang beragam.

Beras-beras yang dijual premium dan dikategorikan sehat ini salah satunya karena bulir berasnya masih mengandung kulit ari beras yang kaya serat dan vitamin B. Tidak seperti beras putih yang sudah disosoh sehingga lapisan kulit arinya hilang.

•    Beras hitam
Varietas beras yang mengandung pigmen antosianin yang sangat tinggi sehingga warnanya menjadi ungu kehitaman. Warna ini muncul pada pada bagian kulit ari dan bulir berasnya. Antosianin ini merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Kadar protein beras hitam sedikit lebih tinggi dari beras putih, tetapi kandungan karbohidratnya lebih rendah.

•    Beras pink
Jenis beras yang setelah digiling, sekamnya dibuang, namun bagian kulit arinya tidak dibuang sehingga berasnya berwarna pink.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia