3 Perbedaan Kehamilan Pertama & Kedua

Sebenarnya, kebanyakan mama merasa jauh lebih tenang saat menghadapi kehamilan kedua, sebab merasa telah memiliki pengalaman. Tapi, ada pula mama yang perasaannya justru tak menentu saat menjalani kehamilan kedua. Mengapa?

Penyebabnya, bisa karena perubahan fisik (bentuk tubuh Anda tak seseksi seperti waktu hamil pertama kali), atau akibat perubahan mood yang jauh berbeda dibanding kehamilan pertama. Ya, kehamilan pertama dan kedua memang bisa berbeda. Inilah 3 perbedaan yang umumnya Anda rasakan:

1. Kehamilan kedua terasa lebih singkat. Ini karena Anda juga disibukkan dengan tugas mengasuh si sulung. Akibatnya, Anda hanya punya sedikit waktu untuk menikmati perubahan fisik selama kehamilan.

2. Perubahan fisik timbul lebih cepat pada kehamilan kedua. Misalnya, Anda mengalami varises atau pinggang pegal pada bulan kesembilan kehamilan pertama. Bisa jadi, gangguan serupa menyerang lebih cepat pada kehamilan kedua.

3. Proses persalinan yang berbeda dengan persalinan pertama. Nyatanya, Anda sudah lebih 'piawai' dengan tahap-tahap proses persalinan. Jadi, bila Anda mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan atau traumatik pada proses kelahiran pertama, Anda bisa bersiap untuk menghindarinya pada persalinan kedua.

Baca juga: Yoga untuk Calon Mama

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia