Anak di Day Care
Apakah Mama & Papa mau menitipkan anak di day care?
Mau
Masih dalam pertimbangan
Tidak mau

Atasi Ngantuk Berlebihan Saat Hamil

Mengantuk hampir setiap saat saat hamil, apa yang harus dilakukan?

Perubahan hormon selama kehamilan memang dapat mengakibatkan gangguan tidur seperti rasa kantuk berlebihan, insomnia, dan restless leg syndrome. Pada awal kehamilan, perubahan hormon secara besar-besaran sedang terjadi, hormon progesteron meningkat tajam dan pada saat itu pula fetus berkembang membentuk organ-organ tubuh. Hal ini membuat mama jadi cepat lelah dan selalu mengantuk, bahkan kantuk dan lelah yang lebih dari biasanya ini sering dianggap sebagai gejala awal kehamilan.

Memasuki trimester kedua, saat hormon mulai stabil biasanya mama akan merasa lebih berenergi dan tidak lagi mengantuk berlebihan. Namun di trimester ketiga, ketika kandungan semakin berat dan berat janin tumbuh pesat mama biasanya akan mengalami ketidaknyamanan sehingga sulit tidur nyenyak di malam hari. Akibatnya mama mudah merasa lelah dan mengantuk di siang hari.

Sebaiknya Mama tetap menghindari kopi dan soft drinks karena kalaupun kantuk hilang, itu hanya sementara. Lebih baik beristirahat yang cukup dan mengonsumsi cemilan sehat agar tetap berenergi dan tidak mudah lelah.

Lakukan hal penting berikut ini:

· Sebaiknya Mama tetap menghindari kopi dan soft drinks karena kalaupun kantuk hilang, itu hanya sementara.

· Lebih baik beristirahat yang cukup dan mengonsumsi cemilan sehat agar tetap berenergi dan tidak mudah lelah.

· Jika Mama terus-menerus merasa lesu, letih, dan mengantuk, coba konsultasikan dengan dokter, mungkin saja Mama menderita anemia. Biasanya dokter akan meresepkan suplemen zat besi untuk mengatasi anemia. (Foto: dok. Feminagroup.)


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+