Atasi Sulit Tidur Saat Hamil

Ternyata, banyak mama yang mengalami insomnia di masa kehamilan. Penyebabnya cukup banyak, mulai dari banyaknya pikiran atau stres, kram pada kaki, tidak nyaman dengan posisi tidur, hingga bolak-balik ke toilet sepanjang malam.

Padahal, di masa-masa ini, Anda perlu istirahat yang cukup, agar stamina tubuh tetap terjaga! Berikut berbagai tips tidur lelap:

Tenang
Terlalu banyak memikirkan tentang apa yang harus Anda lakukan maupun bagaimana proses melahirkan nanti bisa menurunkan kualitas tidur Anda lho! Jadi, cobalah mandi dengan air hangat sebelum tidur dan atur suhu kamar tidur Anda. Kalau nyaman, tidur Anda pasti lebih nyenyak.

Gunakan alat bantu
Seperti bantal khusus yang bisa menyangga perut Anda selama hamil. Agar lebih nyaman, Anda bisa meletakkan bantal tersebut di sekeliling tubuh.

Kurangi minum di malam hari
Ke toilet berulang kali? Seiring dengan membesarnya janin, mau tidak mau rahim Anda akan tertekan. Akibatnya? Anda terus-terusan ke toilet. Kalau pun Anda ingin minum, sebaiknya lakukan jauh sebelum jam tidur, serta kurangi minum di malam hari.

Tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda harus melupakan semua masalah yang ada di kepala. Tugas Anda hanya satu malam ini: Tidur pulas. Selamat tidur Ma!

Baca juga:
- Bahaya Kurang Tidur Saat Hamil
- Kenali Gangguan Tidur Saat Hamil


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia