Bolehkah Ibu Hamil Makan Steak Wagyu?

Steak wagyu belakangan menduduki posisi best seller di berbagai resto/steak house. Mulai dari tempat makan kelas menengah sampai bintang lima, semua berlomba menjual menu wagyu beef steak andalannya. Apakah makanan ini boleh dikonsumsi saat hamil?

Grade daging wagyu (1-12) yang berbeda menentukan kualitas marbling (penyebaran lemak yang membentuk pola marmer pada serat daging). Makin tinggi grade-nya, teksturnya makin lembut, marbling-nya makin banyak, dan harganya makin tinggi.

Asumsi:  Lemak pada daging sapi adalah lemak jahat yang akan memicu peningkatan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Harus dihindari ibu hamil.

Fakta: Kualitas daging wagyu alias American Kobe Beef sangat dipengaruhi oleh asupan pakan yang dikonsumsi selama sapi diternakkan. Proses pemeliharaan sapi untuk mendapatkan daging yang kualitas marbling-nya sempurna, bukanlah pekerjaan yang mudah. Wagyu kualitas prima mengandung komposisi asam lemak yang berbeda dari daging sapi biasa, tak heran jika harga per gram wagyu steak jauh di atas steak daging sapi biasa.

Wagyu mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) yang berpotensi menjadi senyawa antikanker. Lemak berpola marmer yang ada diserat daging merupakan jenis unsaturated fat yang meleleh saat dipanaskan. Tapi, secara umum, tentu saja kandungan lemak pada wagyu beef tergolong tinggi.  

Dan, yang perlu disadari, apakah semua kafe/resto/steak house tersebut menyajikan wagyu kualitas prima? Sebaiknya Anda lebih jeli dan cermat dalam memilihnya. Dan, ibu hamil pastikan untuk memesan steak yang well-done untuk menghindari kemungkinan cemaran mikroba dari daging yang belum matang sempurna.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia