Bolehkah Naik Pesawat Saat Hamil?

Berencana berpergian dengan naik pesawat, namun Anda sedang hamil. Sebenarnya, bolehkah naik pesawat semasa hamil?

Boleh saja, selama tidak ada tanda-tanda komplikasi atau keluhan pada kehamilan Anda. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda dulu sebelum memutuskan untuk bepergian.

Beberapa referensi menyebutkan, idealnya Anda boleh bepergian naik pesawat pada trimester kedua hingga di minggu-minggu awal trimester ketiga. Saat itu, Anda sudah melewati masa-masa morning sickness yang pada kebanyakan mama benar-benar mengganggu. Lewat dari waktu tersebut, kandungan sudah semakin membesar dan biasanya Anda akan lebih cepat merasa lelah.

Sebenarnya, setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan masing-masing mengenai batas usia kehamilan yang diperbolehkan naik pesawat. Tapi umumnya, Anda masih boleh naik pesawat di usia kehamilan 32 – 34 minggu. Pastikan saja Anda membawa surat keterangan dari dokter kandungan Anda beserta fotokopi riwayat kesehatan selama kehamilan.

Catatan: Sebaiknya pilih kursi di dekat lorong pesawat, sehingga Anda mudah bangun begitu ingin buang air kecil atau sekadar ingin meluruskan kaki. Kemudian, minumlah yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi selama penerbangan.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia