Cara Alami Percepat Kelahiran

Usia kehamilan Anda memasuki 36 minggu? Ini berarti sudah saatnya Anda bersiap-siap menghadapi persalinan. Tapi, kontraksi yang jadi tanda awal bersalin, kok, tidak datang-datang, ya? Ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat kelahiran si kecil, Ma.

Salah satunya adalah menstimulasi puting payudara. Cara ini akan membuat tubuh melepas hormon oksitosin yang mengontrol kontraksi pada rahim dan membantu kelancaran persalinan. Sebuah studi menyebutkan, 37 persen calon mama yang melakukan stimulasi puting ini akan siap bersalin dalam waktu 72 jam.

Stimulasi bisa dilakukan dengan cara meletakkan telapak tangan di atas areola, dan lakukan gerakan memutar yang kuat namun lembut. Lakukan stimulasi selama 15 menit untuk satu payudara, lalu ganti dengan payudara yang lain selama 15 menit.

Tak hanya membantu mempercepat persalinan, gerakan stimulasi ini juga akan menstimulasi aliran ASI Anda kelak. Tapi ingat ya, Ma, menstimulasi puting hanya boleh dilakukan jika kehamilan Anda tergolong sehat dan Anda tidak pernah mengalami komplikasi apapun.

Baca juga: Kriteria Rumah Sakit Bersalin Idaman

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia