Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Balita
Pilih Vitamin Anak
Akhir-akhir ini, media massa gencar mena...
Bayi
Kok, Berkeringat Terus?
Bayi saya (4 bulan) sering sekali berker...

Kehamilan dari minggu ke minggu

Minggu 1-7
Dalam minggu-minggu pertama, banyak mama tidak percaya dirinya hamil. Rasanya susah untuk percaya ada kehidupan lain di dalam tubuh. Pada minggu-minggu awal ini, besar fetus baru 1.5 cm (½ inci). Layaknya ukuran sebuah kacang polong ukuran besar. Di usia ini terbangun ’jalur’ simpel di dalam fetus yang akan berkembang sedikit demi sedikit pada jantung si jabang bayi.

Minggu 8-12
Si jabang bayi akan bertumbuh dengan cepat dan kira-kira mencapai 6.5 cm pada usia 12 minggu. Jenis kelamin jabang bayi sudah dapat terdeteksi, dan sistem saraf sudah bisa mengirim pesan ke otot agar si jabang bayi melakukan gerakan pertamanya, seperti melengkungkan ibu jari. Anda akan di tes darah untuk mengetahui golongan rhesus pada usia kehamilan 12 minggu. Jika darah Anda rhesus negatif, dan ayah si bayi rhesus positif, sangat mungkin si jabang bayi memiliki rhesus positif.

Minggu 13-16
Pada usia 16 minggu, jari, hidung, dan jari kaki sudah terbentuk sempurna. Walaupun besar kepalanya masih mendominasi ukuran badannya. Saraf-saraf si jabang bayi sudah sama banyaknya dengan Anda dan ukuran badannya sudah sepanjang 11,5 cm. Tulangnya akan mulai memperkuat badannya. Si jabang bayi sudah bisa mendengar suara dan detak jantung Anda, bahkan dia sudah bisa mengenyot jempolnya sendiri.

Minggu 17-21
Di usia 21 minggu, ukuran janin sudah mencapai 18 cm dan beratnya 300 gram. Janin juga mulai menyimpan lemak dan kelenjarnya mulai memproduksi lapisan putih licin bernama vernix caseosa, yang akan melindungi si kecil dari air ketuban. Janin juga sudah mulai dapat merespon sentuhan dan tekanan si perut. Walaupun paru-paru dan sistem pencernaannya sudah berfungsi, namun masih sangat lemah. Pemeriksaan USG pada saat ini sudah dapat menentukan jenis kelamin si kecil.

Minggu 22—27
Keseluruhan badan janin sudah mulai proporsional dengan kepalanya. Di usia 27 minggu, panjang badannya 24 cm dengan berat 1 kg. Dia juga mulai dapat membedakan terang dan gelap, dan sudah mampu membuka tutup mata, jadi dia mulai berlatih untuk fokus. Paru-parunya siap untuk mengambil nafas pertamanya setelah keluar dari rahim. Tidak tertutup kemungkinan dia kadang tersedak saat air ketuban tertelan. Dan Anda sudah dapat merasakan jika si kecil bereaksi.

Minggu 28-30
Pada usia ini berat si kecil belum setengahnya dari berat nanti saat dia keluar dari rahim, namun berat badannya akan berkembang secara pesat. Pada usia 30 minggu, panjangnya sudah mencapai 26,5 cm dan beratnya mencapai 1,4 kg. Tengkoraknya masih sangat tipis dan halus, dan mulai berkembang dan membentuk alur dan liukan layaknya otak orang dewasa. Yang mengesankan, bulu mata, alis, dan rambut di beberapa bagian kepalanya sudah mulai tumbuh.

Minggu 31-33
Panjang si kecil sudah mencapai 31 cm dan beratnya 2 kg. Posisi badannya sudah mulai memutar sehingga kepala berada tepat di pintu rahim (vertex), dan seharusnya posisi ini akan bertahan sampai saat kelahirannya (Pemeriksaan USG akan menunjukkan jika dia belum ’berputar’ dan Anda jangan terlau khawatir, beberapa bayi memang mengalami keterlambatan. Wajahnya sekarang mulai halus dan lipatan kulitnya mulai berkurang. Jika ternyata di sudah ingin ’keluar’ saat ini, kemungkinan dia akan mendekam di inkubator dalam waktu lama. Karena paru-parunya masih belum sempurna dan tekanan darahnya masih belum stabil.

Minggu 34-36
Berat badannya berkembang sangat pesat sekitar 250 gram setiap minggu. Pada usia 36 minggu beratnya dari ujung kaki sampai ujung kepala sekitar 2,75 kg dan panjangnya 46 cm. Walaupun panjangnya sudah seperti bayi yang sudah mau lahir, lengan dan tungkainya masih kurus. Vernix caseosa dan lenugo (rambut halus) yang melindungi kulit bayi dari air ketuban sudah mulai menipis. Kukunya sudah mulai tumbuh sampai ke ujung jari. Mata sudah mulai ada warnanya (biru, hijau, atau cokelat)

Minggu 37-40
Pada minggu ke 40 si kecil sudah siap lahir. Panduan jadwal kelahiran ini hanyalah panduan. Kenyataannya, bayi kadang mendesak keluar sebelum atau malah setelah lewat dari minggu-minggu ini. Rata-rata berat badan bayi yang baru lahir adalah 2,5-5 kg dengan panjang 44-55 cm. Berat bukan? Semua organ dan sistem akan mulai berfungsi, namun paru-paru akan menjadi bagian terakhir yang berkembang sempurna.



   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+