Mengapa Harus Naik Berat Badan Saat Hamil?

Semua mama memang mengalami kenaikan berat badan di masa kehamilan. Tentunya hal ini normal dan tidak perlu sampai membuat Anda malah jadi berdiet di masa kehamilan. Berikut ini alasan harus naik berat badan di masa kehamilan:

Di masa kehamilan, tubuh akan bekerja menyiapkan diri menyambut proses kelahiran hingga pascamelahirkan. Tidak hanya itu, tubuh mama tentunya juga menyiapkan nutrisi untuk calon bayi di dalam kandungan. Itulah mengapa kenaikan berat badan di masa kehamilan sebenarnya diperlukan, tidak terhindari, bahkan merupakan bagian dari kehamilan yang sehat.

Saat Anda hamil, bagian-bagian tubuh Anda secara bertahap juga akan membesar. Coba bayangkan, rahim Anda tentunya akan membesar karena harus menyimpan janin di dalamnya. Tubuh Anda juga memproduksi air ketuban yang mengelilingi dan melindungi janin selama masa kehamilan.

Payudara Anda pun akan ikut membesar karena memproduksi ASI. Sehingga tidak aneh bila sejumlah angka akan bertambah saat Anda menimbang berat badan. Asal Anda memiliki pola makan yang sehat sebagian besar dari berat badan yang bertambah ini akan turun dengan sendirinya setelah melahirkan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia