Mengapa Ibu Hamil Perlu ke Dokter Gigi

Begitu tahu hamil, Anda akan langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Namun, ide bagus juga untuk membuat janji satu lagi dengan dokter gigi Anda. Meski begitu, kebanyakan calon ibu menundanya hingga persalinan sebab takut akan membahayakan janin. Ini bukan tindakan cerdas, lho.

Gusi Anda mungkin saja lebih sensitif—lebih gampang membengkak dan berdarah setelah disikat atau dibersihkan dengan benang floss. Dan karena ‘gelombang’ hormon, secara bertahap terbentuk plak pada gigi. Akibatnya, gusi jadi peka terhadap bakteri dan infeksi.

Semua ini bisa menyebabkan hal yang lebih serius. Wanita hamil dengan masalah seputar gigi berisiko mengalami keracunan kehamilan serta kemungkinan sampai tujuh kali untuk melahirkan bayi prematur. Ini karena zat kimia yang dihasilkan tubuh untuk melawan infeksi bisa pula memicu terjadinya persalinan. Agar gigi Anda tetap sehat:

- Lakukan check up (jangan lupa beritahu kantor kalau Anda sedang hamil). Di samping membersihkan secara total, dokter gigi Anda bisa memperkirakan risiko Anda mengalami penyakit gusi dan kerusakan gigi. Dan begitu Anda sakit gigi, jangan ragu-ragu meneleponnya.

- Sikatlah gigi dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu halus untuk mengurangi terjadinya perdarahan, serta bersihkan dengan benang floss setiap hari.

Baca juga: Agar Tak Pegal Selama Hamil

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia