Minum Vitamin Sebelum Hamil, Perlukah?

Tak ada salahnya mempersiapkan kehamilan sedini mungkin. Salah satunya adalah mengonsumsi vitamin dan mineral yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan calon bayi kelak.

Asam folat, kalsium, omega-3, dan zat besi merupakan beberapa jenis vitamin dan mineral yang harus Anda konsumsi lebih banyak dibanding wanita dewasa lain yang tidak merencanakan kehamilan.

Apa saja manfaatnya? Menurut Irva Hertz-Picciotto, PhD, dari University of California, AS, selain membantu mempersiapkan kebutuhan nutrisi bagi calon mama, mengonsumsi vitamin prenatal sebelum kehamilan bisa mengurangi risiko bayi Anda kelak menderita autisme.

Dalam riset yang dipublikasikan di jurnal Epidemiology ini juga disebutkan, vitamin prenatal yang dikonsumsi 3 bulan sebelum pembuahan dan satu bulan sesudahnya, bisa memberi perlindungan lebih tinggi pada bayi dan mama yang memiliki risiko kelainan genetik tertentu.   

Meski berbagai jenis vitamin dan mineral di atas bisa Anda peroleh dengan mudah di apotik atau toko obat, ada baiknya Anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan untuk mendapat vitamin prenatal yang tepat.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Hamil

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia