Mitos-Fakta Kehamilan Kedua

Anda mungkin mengharapkan kehamilan kedua lebih mudah karena Anda sudah ‘berpengalaman’ sebelumnya. Tapi, ada yang bilang, Anda akan merasa lebih mudah lelah, lebih pegal-pegal, atau lebih berisiko komplikasi. Supaya tidak percaya begitu saja 'kata orang', berikut beberapa hal yang mungkin Mama alami pada kehamilan kedua.

  • Perut terlihat lebih cepat membesar dan bayi lebih cepat menendang. Bayi Anda tidak tumbuh lebih cepat, tapi Anda mungkin lebih peka melihat pinggang yang menebal atau menjadi lebih besar dibanding kehamilan pertama. Saat hamil kedua Mama sudah tahu seperti apa rasanya tendangan bayi sehingga lebih cepat menyadari.
  • Mama merasa lebih cepat lelah dibanding sebelumnya. Mungkin saja. Faktanya, banyak wanita cenderung merasa lebih lelah pada kehamilan kedua. Tidak heran, karena dengan adanya anak pertama di rumah, Anda mungkin memiliki lebih sedikit waktu tidur siang atau sekedar istirahat dari pada waktu anak pertama.
  • Kehamilan kedua lebih rentan komplikasi. Jika Anda wanita sehat dan tidak ada komplikasi pada kehamilan sebelumnya, risiko komplikasi akan tetap rendah. Memang, semakin banyak Anda melahirkan, makin tinggi risiko komplikasi, tapi ini hanya perlu menjadi perhatian pada wanita yang memiliki banyak anak. Apapun sejarah medis Anda, selalu penting dan bisa berpengaruh pada kondisi di kemudian hari. Jadi pastikan dokter mengetahui segalanya.
  • Anda melahirkan anak pertama secara normal, anak kedua juga, dong! Belum tentu. Tiap kehamilan itu sebenarnya unik.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia