Nyaman Jalani Kehamilan Berisiko Tinggi

Tak perlu panik jika Anda mengalami satu atau beberapa faktor risiko kehamilan berisiko tinggi. Kehamilan dengan risiko tinggi tetap bisa dijalani dengan aman dan nyaman, asalkan Anda melakukan hal-hal berikut:

1. Berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan kehamilan dengan ahli kebidanan atau obgyn secara intensif. Anda mungkin akan lebih sering diminta untuk memeriksakan kehamilan dibanding dengan calon mama lain yang kehamilannya tidak bermasalah.

2. Jika memungkinkan, pilihlah rumah sakit atau klinik bersalin yang mempunyai fasilitas lengkap untuk mendukung berbagai pemeriksaan kehamilan. Hal ini karena Anda akan lebih sering menggunakan USG untuk memantau perkembangan janin, melakukan pengecekan tekanan darah lebih sering, ataupun melakukan pemeriksaan urin untuk mendeteksi adanya penyakit infeksi.

3. Berkonsultasi dengan ahli kedokteran lainnya, terutama ahli penyakit dalam dan ahli kesehatan anak. Kehamilan berisiko tinggi memerlukan pengelolaan terpadu dari berbagai ahli kesehatan.

4. Pertimbangkan proses persalinan yang akan dijalani-setelah berkonsultasi dengan tim dokter, apakah akan dipilih persalinan normal dengan induksi atau operasi Caesar.

Kecemasan dapat memengaruhi kondisi Anda dan bayi Anda menjadi tidak sehat. Cobalah untuk tenang dan relaks.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia