Olahraga dan Diet di Bulan ke-8 Kehamilan

Bulan ke-8 merupakan saat yang tepat untuk mulai belajar relaksasi dan pernapasan.


Selain berguna pada saat hamil, ’ilmu’ ini bermanfaat pula sebagai persiapan persalinan. Caranya? Kendurkan otot-otot tubuh yang tegang, letih, dan pegal. Juga, kosongkan pikiran dari segala beban psikis. Anda bisa mempelajari tekniknya pada kelas-kelas ibu hamil di rumah sakit terdekat. Pada saat hamil, latihan relaksasi bisa melancarkan sirkulasi darah di dalam rahim, plasenta, dan janin. Jadi, kebutuhan oksigen dan makanan si kecil pun terpenuhi.


Sirkulasi darah lancar juga akan membuat otot-otot yang berhubungan dengan kandungan dan janin (seperti otot panggul, punggung, dan perut) mengendur dan lemas. Keadaan ini akan membuat Anda merasa jauh lebih nyaman. Latihan relaksasi dan pernapasan yang baik bisa pula meredakan gangguan fisik, kelelahan, pegal-pegal, serta rasa sakit. Pada saat persalinan, latihan ini akan membuat proses kontraksi berlangsung aman, alami, dan lancar.


Cukupi kebutuhan nutrisi Anda. Berdasarkan penelitian, kekurangan gizi pada periode kehamilan ini tetap bisa mempengaruhi pertumbuhan otak janin. Itu sebabnya, Anda perlu berpola makan sehat. Jadi, tak ada alasan untuk tidak makan karena takut gemuk, ya. Bila Anda ingin mengontrol kenaikan berat badan, konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia