Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Persiapan Menyusui Sejak Masa Kehamilan

Banyak calon mama bercita-cita ingin memberikan ASI eksklusif. Untuk menyukseskan cita-cita inilah, WHO mencanangkan program ”7 kontak plus menyusui”.

Yaitu, 7 waktu khusus yang dianjurkan bagi para mama (juga papa) untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dari seorang konselor menyusui. Konselor menyusui adalah tenaga terlatih bersertifikat resmi di bidang laktasi. Kapan saja 7 waktu yang direkomendasikan tersebut?

#1 Usia kehamilan 28 minggu. Pada tahap ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang anatomi payudara, mekanisme produksi ASI, keuntungan menyusui, manfaat ASI, dampak susu formula, perawatan payudara selama hamil, proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD), serta teori mengenai posisi dan perlekatan bayi saat menyusu

#2 Usia kehamilan 36 minggu. Konselor akan menekankan kembali materi tentang IMD, agar Mama bisa segera mendiskusikan perihal penerapannya kepada dokter ataupun bidan yang akan membantu persalinan.

Anda juga akan dibekali informasi tentang proses pembentukan ASI pada 3 hari pertama setelah persalinan (laktogenesis 1) serta pentingnya rawat gabung (rooming-in) dan tidur gabung (bedding-in) untuk keberhasilan menyusui.

#3 Di ruang bersalin, pada saat dilakukannya IMD. Pada saat ini, pentingnya peran konselor ASI adalah memastikan bahwa proses IMD berjalan secara semestinya—bayi ditelungkupkan di atas perut ibu segera setelah dilahirkan, lalu dibiarkan mencari sendiri puting susu ibunya.

#4 Hari-hari awal pasca melahirkan. Konselor akan berkunjung untuk membimbing cara memosisikan bayi kala menyusu, memberikan informasi tentang berat badan bayi ASI eksklusif, keuntungan rawat gabung, skin to skin contact, gizi ibu menyusui, pembentukan ASI tahap 2 (laktogenesis 2), bonding, serta kapasitas lambung bayi pada masa-masa awal kelahirannya.

#5 Hari ke-7 pasca persalinan. Pada saat ini, Mama bisa berkonsultasi tentang masalah-masalah yang timbul kala menyusui kepada konselor.

#6 Hari ke-14 pasca persalinan. Konselor akan memantau penerapan dari solusi yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

#7 Hari ke-40 pasca persalinan. Ini adalah saatnya Mama belajar mengenai manajemen ASI perah untuk persiapan kembali bekerja kelak.

#8 Kontak Plus. Bisa dilakukan di luar waktu-waktu khusus yang disebutkan tadi, apabila Mama menemukan masalah kala memberikan ASI.



   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+