Ritual Seru Menyambut Kelahiran

Ada beberapa ritual baru dan seru untuk menyambut kelahiran bayi Anda. Berniat melakukannya? Yuk, simak beberapa ritual berikut!

Baby Shower
Mengadakan acara Baby Shower adalah cara yang menyenangkan untuk sedikit memanjakan sang calon mama. Biasanya, acara ini dibuat oleh keluarga atau teman-teman terdekat, dan berisi berbagai permainan seru yang bisa dinikmati tak hanya oleh si calon mama, namun juga seluruh tamu yang hadir. Berbagai ide kreatif yang unik bisa diaplikasikan, mulai dari tema acara, dekorasi ruangan, makanan, minuman hingga berbagai games lucu seputar kebiasaan bayi dan anak kecil. Selain itu, di acara ini juga sang calon mama akan menerima berbagai hadiah, baik untuk dirinya maupun untuk si kecil dari para tamu dan orang-orang tersayang.

Belly Painting
Tak ada yang lebih indah dari pada bulatnya perut yang sedang mengandung. Ada sebuah tren yang unik dan berbeda, namun menarik untuk dicoba, yaitu belly painting. Anda tentu sudah familiar dengan face painting bukan? Mengapa tak mencobanya di perut Anda? Anggaplah perut Anda sebagai kanvas kosong yang siap dilukis. Bahan yang digunakan adalah cat sementara yang bisa dihapus kapan pun. Selebriti seperti Mariah Carey, Hilary Duff, Alessandra Ambrossio, atau Alanis Morissette adalah sebagian dari penggemar belly painting.

Temanya pun bisa bermacam-macam, dari mulai gambar-gambar yang lucu seperti buah-buahan, cap tangan, atau tulisan yang menarik, hingga motif tribal yang artistik. Sebelum mencobanya, pastikan cat yang Anda gunakan aman ya, Ma. Gunakan cat non-toxic, atau pilih hena yang tak mengandung bahan kimia. Jika kulit Anda bereaksi yang tidak biasa seperti gatal atau merah, segera hentikan pemakaiannya.

Gender Reveal Party
Kini, ada cara seru yang baru untuk berbagi berita mengenai jenis kelamin bayi. Begini caranya: Setelah dokter mengetahui jenis kelamin bayi, mintalah ia untuk memasukkan hasil tersebut ke dalam sebuah amplop. Jangan sampai Anda mengetahuinya terlebih dahulu ya, Ma.

Kemudian bawalah amplop tersebut ke toko kue atau berikan kepada seseorang yang Anda percayakan untuk membuat kue. Mintalah kue dengan warna yang netral atau menggunakan dua warna seperti merah muda dan biru muda. Sesuai dengan namanya, saat potong kue tentunya menjadi highlight dan acara tersebut. Begitu kue dipotong, di situlah Anda dan keluarga serta para tamu yang hadir mengetahui jenis kelamin si kecil. Kue tersebut akan memiliki warna filling yang sesuai jenis kelamin si kecil, merah muda jika perempuan dan biru muda jika laki-laki.

Wombtube
Anda tentunya sudah tak asing bukan dengan Twitter, Facebook atau Path? Beberapa tahun ini social media sudah menjadi wadah bagi setiap orang untuk berbagi cerita dan info, termasuk kabar gembira seputar kehamilan. Kini ada fenomena terbaru yang menghubungan kehamilan dengan social media, yaitu Wombtube. Wombtube adalah pregnant Youtube, di mana para calon mama dan papa dapat mengunggah video yang berisi cara unik mereka untuk berbagi berita mengenai sang mama yang sedang mengandung kepada keluarga atau orang-orang terdekat.

Tentunya, Anda bisa melihat juga reaksi seru yang terjadi ketika berita itu disampaikan, mulai dari yang lucu hingga mengharukan. Tak sedikit orang yang merasa video seperti ini sebagai TMI, alias too much information, namun banyak juga yang justru merasa ikut senang dan terbawa suasana haru ketika melihatnya.

Grandma Shower
Jika Baby Shower sudah menjadi trend yang cukup digemari beberapa tahun belakangan ini, Gandma Shower bisa dibilang adalah variasi terbaru dari Baby Shower. Di Amerika sendiri pun tradisi ini belum terlalu dikenal.

Acara ini sebenarnya diadakan sebagai bentuk terima kasih dari kedua calon mama dan papa kepada sang calon nenek yang nantinya akan ikut membantu merawat anak. Sedikit berbeda dengan acara Baby Shower pada umumnya, Grandma Shower lebih intim dan tenang dikarenakan tidak adanya permainan. Di sini yang menjadi acara utamanya adalah sharing seputar pengalaman mengasuh anak dan memberikan hadiah kepada sang calon nenek.

Foto: Foto Search

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia