Tetap Sehat Semasa Hamil

Agar tak terlalu menderita karena tak boleh makan ini-itu, cobalah berfokus pada makanan yang sehat daripada terus memikirkan makanan yang harus dijauhi. Pilih sayuran dan buah-buahan segar berwarna-warni untuk mendapat asupan berbagai vitamin, mineral serta serat.

Untuk protein dan kalsium, pilih produk-produk susu rendah lemak. Konsumsi juga daging tanpa lemak dan ikan sebagai sumber protein, zat besi dan asam lemak omega-3.

Makanlah dalam porsi kecil namun sering untuk mencegah rasa lapar yang akhirnya membuat Anda makan dalam porsi besar. Makan sering dalam porsi kecil juga akan mengurangi keinginan ngemil biscuit, coklat, eskrim dan cake yang seharusnya dijauhi.

Jadikan air putih sebagai sahabat Anda selama kehamilan. Perempuan hamil butuh lebih banyak asupan cairan, dan untuk Mama yang sudah kelebihan berat badan, air putih adalah pilihan terbaik dibanding aneka minuman kemasan yang biasanya mengandung banyak gula. Supaya berhasil, ajak dong seluruh keluarga ikut menerapkan pola makan sehat.

Singkirkan segala camilan manis, minuman manis dan cake dari rumah Anda. Hitung-hitung sekalian membiasakan si kakak makan sehat.

Karena Anda tidak pernah berolahraga sebelum hamil, sebaiknya tidak usah memulainya saat sedang hamil. Meski begitu, cobalah untuk lebih aktif, misalnya dengan melakukan jalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari. Tak perlu langsung 30 menit, Anda bisa memulainya dengan jalan kaki selama 10 menit tiap sore misalnya, lalu perlahan-lahan tambah durasinya. Boleh juga membaginya menjadi dua sesi, 15 menit jalan kaki di pagi hari dan 15 menit lagi di sore hari.



 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia