Anak di Day Care
Apakah Mama & Papa mau menitipkan anak di day care?
Mau
Masih dalam pertimbangan
Tidak mau

Trik Cepat Hamil ala Tradisi China

Bila Mama berencana memiliki bayi di Tahun Naga Air ini, Mama bisa pertimbangkan beberapa trik berikut yang sudah digunakan dalam tradisi China sejak lama.

Menurut Tan Khoon Yong (Grand Master Fengshui) :
- Beri sentuhan warna merah di kamar untuk meningkatkan gairah dan energi. Misalnya menggunakan seprei berwarna merah atau mengecat satu dinding kamar menjadi merah.

- Letakkan patung berbentuk bayi yang terbuat dari kristal di meja samping tempat tidur, di sisi calon mama.

- Waktu yang tepat juga bisa jadi faktor yang perlu diperhatikan. Bila calon mama lahir antara Agustus dan Februari, sebaiknya berhubungan seks siang ke sore hari. Sementara untuk calon mama yang lahir antara bulan Maret dan Juli, kesuburannya akan lebih baik di malam hari.

Menurut Eu Yan Sang (Ahli Kedokteran China senior di Paragon Medical Singapura):

- Sebelum berencana memiliki bayi, pasangan harus dalam kondisi sehat. Pengobatan Tradisional China (PTC) menekankan perlunya keseimbangan di antara beberapa organ tubuh, termasuk ginjal, hati, limpa, paru-paru dan jantung. Jika salah satu sistem organ tersebut tidak seimbang maka kemungkinan hamil berkurang.

- Dalam prinsip PTC tubuh kita dibedakan atas bagian ‘panas’ dan ‘dingin’. Untuk mencegah peningkatan panas dalam tubuh, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bersifat dingin juga (lihat tabel). Calon orangtua sebaiknya mengusahakan keseimbangan tubuh dengan tidak makan salah satu jenis saja secara berlebihan. Makanan yang netral dapat memperkuat kesehatan limpa, meningkatkan nafsu makan dan menyegarkan tubuh.

- Para calon papa juga harus memperhatikan asupan makanan. Untuk meningkatkan kualitas sperma, cobalah untuk makan : belut, cumi-cumi, sotong, escargot (sejenis siput), ubi China dan ginkgo. Untuk meningkatkan gairah seks dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti daging sapi tanpa lemak, ayam, hati ayam, telur, daging babi, tiram (oyster) dan kacang. Calon Papa juga wajib mengurangi konsumsi minuman beralkohol.

- Ketidaksuburan dipengaruhi banyak faktor, selain kesehatan tubuh juga stres dan masalah psikologis lainnya. Berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis lebih akurat dan pengobatan yang diperlukan. Pengobatan tradisional seperti obat-obatan herbal dan akupunktur dapat membantu meningkatkan kesiapan tubuh untuk konsepsi. 


Dingin

Netral

Hangat

Daging

Daging babi, Kepiting, Bebek, Kelinci

Ikan air tawar, cumi-cumi

Daging sapi, kambing, udang, ayam

Sayur

Bayam, kol, tauge, seledri, timun, pare, rumput laut

Kentang, ubi China, kacang merah

Parsley, daun bawang, bawang putih, merica, kacang-kacangan



(Fina Khairaty/Foto: dok. Feminagroup)

Baca artikel seputar bayi Naga Air lainnya, di sini!


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+