Yang Dialami Suami Saat Istri Hamil

Menurut psikolog keluarga, Anna Surti Ariani, tidak hanya ibu hamil saja yang memiliki perubahan psikologis. Suami Anda ternyata juga mengalaminya. Sebenarnya apa yang terjadi pada suami saat Anda hamil?

1. Couvade syndrom. Suami Anda sering ikut-ikutan mual, sakit punggung, berat badan bertambah, dan ngidam saat Anda hamil? Berarti suami terkena couvade syndrom atau disebut juga dengan “kehamilan simpatik”. Menurut Robin Elise Weiss, BA, LCEE, salah satu peneliti di bidang kesehatan kehamilan, kadar prolaktin dan kortisol pria meningkat, sementara kadar testosteron dan estradiol (hormon seks) menurun di awal dan akhir trimester kehamilan sang istri.

2. Merasa bahwa dirinya adalah pria utuh. Sebagai seorang suami, tentunya bangga ketika isterinya mengandung benih yang diberikannya.

3. Bangga karena akhirnya mendapat penerusnya. 

4. Merasa cemas. Hal ini timbul karena adanya rasa ketidakpastian mengenai janin yang dikandung isterinya. Apakah janin tersebut akan lahir sehat atau tidak. Ataupun masalah biaya persalinan.

5. Merasa kesal. Terkadang mengikuti kemauan istri tidaklah mudah. Terkadang suami sering merasa kesal akibat psikologis Mama yang berubah saat hamil.(Penulis: Cheryl Pricilla Bensa/foto: dok. Feminagroup)


Baca juga: Ajak Papa Sambut Kelahiran Bayi


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia