Agar Papa Dekat dengan Anak

Papa kurang dekat dengan anak? Atau, papa tak mau andil dalam pengasuhan anak? Jangan kesal dulu, Ma. Mungkin saja ada sikap Anda yang sebenarnya menghambat papa jadi dekat dengan anak. Coba cek, apakah Anda memiliki satu dari beberapa sikap di bawah ini:

•    Anda mendominasi waktu bermain dengan anak, sehingga jatah papa berinteraksi dengan anak pun berkurang. Coba, deh, di hari libur, ajak papa ikut bermain bersama Anda dan anak. Kalau papa sudah terbiasa, Anda boleh meninggalkannya berdua saja dengan anak.

• Anda memiliki standar tinggi soal pengasuhan anak, yang sulit dipenuhi oleh papa. Kuncinya, ajari papa sesuai standar yang Anda harapkan. Tapi, jangan berharap banyak di awal. Perlahan, papa pasti akan belajar menyamai standar Anda, kok.

• Anda lebih sering mendelegasikan tugas kepada pengasuh. Sesekali, boleh, kok, Anda mendelegasikan tugas menggendong, menyuapi, atau mengajak jalan-jalan si kecil kepada papa. Dengan catatan, papa memang sedang tak sibuk atau mengerjakan sesuatu yang lain.

Sumber: Talkshow Ayah Masa Kini: Membentuk Kedekatan Emosional dengan Anak, Jakarta Kids Festival 2014

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia