Akhir Pekan Berkualitas

Kesibukan orang tua yang bekerja membuat akhir pekan menjadi waktu yang paling dinanti karena Mama dan Papa bisa berkumpul dengan anak dan menghabiskan waktu bersama. Meski begitu, pastikan Anda memilih kegiatan yang tidak membuat Anda, papa dan anak cepat lelah. Beberapa kegiatan berikut bisa jadi pertimbangan untuk dilakukan oleh Anda dan anggota keluarga yang lain:

1. Weekend getaway ke tempat wisata terdekat
Jika ingin menghabiskan akhir pekan dengan mengunjungi sebuah tempat wisata, coba pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh. Misalnya dapat ditempuh dengan satu jam berkendara. Kenapa? Anak-anak mudah sekali merasa bosan dalam perjalanan jauh. Jangan sampai ia kehilangan antusiasme atau keburu lelah ketika sampai di tempat tujuan wisata. Mama juga harus memperhitungkan kondisi Papa yang harus menyetir ke tempat wisata. Jangan sampai Papa jadi kelelahan karena perjalanan yang panjang dan macet.

2. Menginap di rumah nenek
Nenek tentu merasa senang jika dikunjungi oleh si kecil di akhir pekan. Apalagi jika ada cucu nenek lainnya (atau sepupu si kecil) yang juga menginap. Mama bisa berangkat di hari Sabtu pagi dan pulang di hari Minggu siang. Jadi, anak (dan juga Anda!) dapat beristirahat lagi sebelum kembali beraktivitas di hari Senin paginya.

3. Pergi makan di resto favorit atau ke taman bermain anak-anak
Weekend tak selalu harus dihabiskan dengan bepergian jauh. Mama bisa mengajak anak makan di resto favorit keluarga atau sekedar bermain di playground. Apa pun pilihan aktivitasnya, sebaiknya batasi untuk pergi ke satu atau dua tempat saja. Perhatikan juga lama waktunya. Jangan sampai anak kelelahan dan malah tidak menikmatinya.

4. Family playdate dengan teman.
Undang keluarga lain yang memiliki anak sebaya dengan anak untuk 'berkencan' bersama Anda dan keluarga. Lakukan di sore hari setelah anak-anak tidur siang. Durasinya tak perlu terlalu lama, cukup satu hingga satu setengah jam. Rencanakan aktivitas yang menyenangkan untuk semua. Saat anak-anak asyik bermain, para orang tua bisa mengobrol sambil mengawasi.

Foto: TPG News

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia