Anak Tak Mau Mencium Nenek?

Ketika anak bertemu nenek, tapi menolak mencium neneknya, perlukah hal ini dijadikan masalah besar? “Tidak,” kata Debbie Glasser, Ph.D., psikolog dan founder dari Newsforparents.org. "Saya sama sekali tidak memaksa batita untuk mencium kerabatnya. Cara ini bisa menjadi senjata makan tuan dan membuat anak malah semakin enggan menyapa kerabatnya dan cenderung mencari gara-gara.”

Lagi pula, bukankah ciuman dan juga pelukan seharusnya dilakukan secara suka rela? Tujuan yang sebenarnya adalah ini, kan?
Taktik ini bisa Anda coba, yakni:

- Ingatkan anak. Caranya? Jangan jadikan dia sebagai pusat perhatian. Katanya, “Nenek mau datang pas makan malam nanti, ya. Dia pasti senang kalau kamu menyapanya.” Lalu, sebelum Anda membuka pintu depan, katakan lagi, “Nenek paling senang dipeluk. Tapi, kalau kamu cuma mau tersenyum saja, dia tetap senang melihat kamu, kok!”

- Beri contoh. Misalnya, bilang pada anak, “Kalau kamu nggak mau cium, Mama aja, deh, yang cium.” Lalu, Anda mencium pipi orang tersebut. Melihat Anda mencium dan memeluk seseorang, anak akan merasa nyaman dan melakukannya sepanjang hidupnya nanti.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia