Bagi Tugas Rumah Untuk Anak

Untuk memudahkan pembagian tugas rumah tangga, coba buat daftar tugas bagi setiap anggota keluarga. Letakkan di tempat strategis yang mudah dilihat oleh setiap orang.

  • Pastikan setiap anggota keluarga punya tugas yang sesuai dengan usia mereka.
  • Lengkapi daftar tersebut dengan tenggat waktu, misalnya, menyiram tanaman: pukul 16.00 – 17.00. Kalau perlu buat dua daftar untuk tugas harian dan daftar lain untuk tugas mingguan. Ingatkan juga soal tenggat waktu dengan bijaksana.  Bukan dengan “Pokoknya jam 3 harus beres!”, tapi misalnya dengan, “Abang, setelah cuci sepeda beres, baru bisa main game, ya.”
  • Saat memberi tugas, sampaikan dengan kalimat yang spesifik. Misalnya, “Bereskan kamar!” bisa diartikan dengan berbagai cara. Lebih baik katakan, “Rapikan baju-baju di lemari!”, “Kembalikan buku-buku di rak!”, “Susun bantal, guling, dan selimut dengan rapi!”, “Masukkan semua mainan ke kotak mainan!”
  • Saat pertama kali memberi tugas, beri si kecil contoh untuk melakukannya langkah demi langkah. Lalu, biarkan ia mulai membantu. Bila ia sudah bisa, biarkan ia lakukan sendiri.

Foto: Getty Images

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia